HIMALOGIN

Produk Biodegradable Tidak Selamanya Ramah Lingkungan

Produk Biodegradable Tidak Selamanya Ramah Lingkungan

biodegradableSebuah studi yang dilakukan oleh North Carolina State University dan dipublikasikan di jurnal Enviromental Science & Technology menunjukkan bahwa produk-produk yang bisa terdaur ulang secara alami tidak selamanya ramah lingkungan.

Penelitian yang dilakukan oleh Dr. Morton Barlaz bersama mahasiswa doktoral James Levis terhadap produk-produk tersebut mendapati banyaknya gas metan yang dilepaskan ke atmosfir oleh produk-produk tersebut saat sudah berada di tempat pembuangan akhir sampah.

Gas metan sendiri sebenarnya salah satu dari beberapa gas yang menyebabkan efek rumah kaca. Gas ini 20 kali lebih efektif menahan panas dibandingkan dengan karbon dioksida selama periode 100 tahun. Bahkan gas yang bertahan selama 9-15 tahun di atmosfir itu juga dituding sebagai penyebab menipisnya lapisan ozon.

Menurut hasil penelitian tersebut, dibandingkan dengan produk yang membutuhkan waktu lebih lama untuk terurai, produk dengan material biodegradable yang cepat terurai akan semakin cepat pula melepas gas metan ke atmosfir. Terlebih jika tempat pembuangan akhir tidak menggunakan sistem penangkap gas metan yang bisa dimanfaatkan kembali sebagai bahan bakar.

Produk-produk dengan material ini memudahkan mikroorganisme untuk mengurainya dan menghasilkan gas metan selama proses penguraian tersebut dalam waktu yang singkat. Dibandingkan dengan produk yang menggunakan material yang sama tetapi membutuhkan waktu lebih lama untuk mengurainya, maka produk-produk yang disebutkan sebelumnya justru tidak lebih ramah lingkungan.

Jadi kesimpulannya, semakin lambat sebuah produk bisa terurai secara alami, maka semakin ramah lingkungan produk tersebut. Bayangkan jika begitu banyak sampah yang terbuat dari biodegradable material dan bisa terurai dalam waktu singkat, maka berapa banyak gas metan terlepas ke atmosfir dalam jangka waktu tersebut.

Sumber : Planet Hijau

(-PR-)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *