HIMALOGIN

Softskill 1

Softskill 1

 

Press Release Kegiatan Pelatihan Softskill 1

Organisasi yang baik adalah organisasi yang memiliki anggota dengan softskill yang baik. Softskill adalah suatu kemampuan yang dibutuhkan dalam sebuah organisasi. Softskill yang dibutuhkan dapat berupa kemampuan dalam menangani sebuah masalah, kemampuan dalam berbicara di depan umum, dan kemampuan mengendalikan emosi diri. Oleh karena itu, selama berjalannya kepengurusan, perlu adanya suatu kegiatan yang dapat meningkatkan softskill semua pengurus Himalogin.

Dalam rangka meningkatkan softskill para pengurus Himalogin 2012-2013, Departemen HRD mengadakan suatu acara Pelatihan softkill 1 dengan tema “Tingkatkan Softskill Pengurus untuk Himalogin yang lebih professional”. Acara ini diadakan pada hari Sabtu, 16 Maret 2013 bertempat di Ruang Kuliah B1C2. Acara ini dimulai pukul 10.30 dimana jadwal ini tidak sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan sebelumnya yaitu pukul 10.00. Hal ini disebabkan oleh peserta belum banyak yang hadir karena pada hari yang sama melaksanakan praktikum pengganti.

Acara dimulai dengan pembukaan oleh MC Ardhi Novrialdi Ginting, selanjutnya pembacaan Tilawah Alqur’an oleh Dayyus Assegaf dan sambutan oleh Wakil Ketua Himalogin 2012-2013 Ari Adinugraha. Kemudian dilanjutkan oleh penyampaian materi manajemen sponsorship oleh Kak Halim. Beliau berasal dari Departemen Ilmu Komputer Angkatan 45. Materi yang disampaikan terdiri dari 4 poin utama yaitu istilah sponsorship itu sendiri, target sponsorship, proposal sponsorship dan Tips n’ trik bagaimana pengajuan proposal dapat diterima oleh para sponsor. Pemateri juga memperlihatkan contoh-contoh proposal yang baik seperti proposal acara ISEE dan IDEA tahun 2011. Penyampaian materi manajemen sponsorship ini berlangsung dengan sangat menarik. Para peserta memperhatikan dengan baik penjelasan materi dan beberapa dari peserta mengajukan pertanyaan-pertanyaan terkait sponsorship.

Setelah materi 1 selesai, dilanjutkan materi kedua yaitu manajemen emosi yang disampaikan oleh Kak Zaenal. Beliau dari departemen Geofisika dan Meteorologi 46 dan sekarang menjabat sebagai Wakil Presiden Mahasiswa Periode 2012-2013. Penyampaian materi diawali dengan bagaimana pemateri mengajak peserta untuk mengenal pribadi diri masing-masing termasuk didalamnya mengenal kelebihan dan kekurangan yang dimiliki. Tidak hanya itu, materi yang disampaikan juga terkait dengan pengendalian diri, bagaimana memanajemenkan amarah, masalah-masalah yang timbul dari organisasi dan solusinya serta menjelaskan bagaimana sistem berpikir dan bagaimana mempertajam passion dalam melakukan suatu kegiatan agar maksimal. Pemateri juga memperlihatkan video terkait dengan materi manajemen emosi. Peserta mengikuti dengan baik penjelasan-penjelasan yang diberikan pemateri. Banyak dari peserta yang mengajukan pertanyaan terkait dengan bagaimana memanajemenkan emosi. Esensi dari kedua materi diatas sangat berkesan di hati para peserta karena kedua materi tersebut sangat bermanfaat baik dalam kehidupan sehari-hari maupun di dalam dunia organisasi. Acara selesai pada pukul 13.00 dan ditutup oleh MC Ardhi Novrialdi Ginting.

(-HRD-)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *