HIMALOGIN

Press Release TP

Press Release TP

Sabtu, 16 Maret 2013 – Departemen Technopreneur melaksanakan Program Kerja Pengembangan Produk yang pertama kali. Kegiatan ini dilaksanakan dari pukul 14.00 WIB hingga 18.00 WIB di Sekretariat Himalogin dan Kantin Sapta. Kegiatan tersebut akan berlangsung secara rutin selama dua minggu sekali dengan tujuan untuk mengembangkan kemampuan mahasiswa Departemen TIN (khususnya anggota Technopreneur Himalogin) dalam membuat suatu produk agroindustri yang dapat dipasarkan kepada masyarakat. Program kerja ini diharapkan dapat menghasilkan 4 produk selama 1 periode kepengurusan. Produk yang pertama kali akan dicoba untuk dipasarkan adalah Nata de Melon. Oleh karena itu, seluruh anggota Departemen Technopreneur mencoba merancang formulasi yang tepat untuk produk nata de melon dan creamnya.

Senin, 18 Maret 2013 – Sejumlah 11 orang anggota Departemen Technopreneur menghadiri seminar kewirausahaan nasional yang diselenggarakan di Gelora Bung Karno Jakarta sejak pukul 14.00 WIB hingga 18.00 WIB. Sebelas orang tersebut adalah Mawardi Kartasasmita, Khairunnisa, Astridia Permatasari, Ahmad Muhaimin, Nanda Arisandika, Handayani Dwirianti, Zefika Zahlinar, Luky Fadilah, Nataliya Sukma Putri, Bella Illona Siregar dan Briliyan Panji Handoko. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memenuhi undangan yang diberikan panitia Gerakan Kewirausahaan Nasional untuk para peserta Lomba Proposal Bantuan Dana Kewirausahaan Nasional 2013. Selain dihadiri oleh para peserta lomba, acara ini juga dihadiri oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo dan beberapa menteri lainnya. Acara tersebut menampilkan daftar nama peserta yang lolos untuk mendapat bantuan dana dan menampilkan beberapa hiburan seperti  NOAH serta tarian tradisional nusantara. Setelah acara tersebut usai, dilanjutkan dengan ishoma di Senayan City dan perjalanan pulang ke Bogor. Selama perjalanan dari Gelora Bung Karno sampai ke Senayan City, anggota Departemen Technopreneur yang kurang tahu daerah Jakarta, mencari-cari jalan dengan bertanya kepada orang-orang di sekitar. Hal tersebut mengingatkan anggota Departemen Technopreneur terhadap kegiatan Upgrading Himalogin 2013. Oleh karena itu, anggota Departemen Technopreneur memutuskan untuk menamai kegiatan pergi bersama tersebut sebagai “Upgrading Technopreneur”.

Pada bulan Februari awal, beberapa anggota Departemen Technopreneur mengirimkan proposal bisnis ke panitia Gerakan Kewirausahaan Nasional 2013 dalam rangka mencari dana untuk pelaksaan program kerja “Pengembangan Produk”. Enam orang anggota Departemen Technopreneur dinyatakan lolos tahap proposal dan berlanjut ke tahap wawancara. Enam orang tersebut adalah Mawardi Kartasasmita (Produk: Jamur Crispy Mr. Mushroom), Khairunnisa (Usaha Konveksi Gorges), Feriska Dewita Sari (Produk: Nata de Melon), Handayani Dwirianti (Produk: Vegetable Powder Say-Hi Mr.Broca), Astridia Permatasari (Produk: Minyak Angin Aroma Parfum Hi-Care Parfume) dan Ahmad Muhaimin (Produk: Mie Yamin Ubi Miyabi). Pada acara Seminar Kewirausahaan Nasional tanggal 18 Maret 2013 lalu, keenam orang tersebut (sebagai perwakilan kelompok usaha masing-masing) dinyatakan lolos untuk mendapatkan bantuan dana penyelenggaraan usaha. Persyaratan lanjutan pun harus segera dipenuhi oleh keenam orang tersebut agar dana dapat segera dicairkan, seperti pembuatan rekening baru di Bank Mandiri, pembuatan kartu Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), pengambilan sertifikat dan pengumpulan berkas-berkas lainnya. Pemenuhan persyaratan tersebut mengharuskan keenam orang tersebut untuk pergi ke Jakarta beberapa kali lagi, mulai dari hari Rabu tanggal 20 Maret 2013. Keberangkatan pada tanggal 20 Maret 2013 merupakan keberangkatan kedua ke Jakarta setelah ke Gelora Bung Karno dan akan berlanjut pada hari-hari berikutnya sampai semua persyaratan terpenuhi. Oleh karena itu, Departemen Technopreneur menamai kegiatan tersebut sebagai “Jakarta Jilid 2”.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *