HIMALOGIN

Press Release Pengabdian Masyarakat

Press Release Pengabdian Masyarakat

Semangat Desa Agroindustri

Kembali lagi bersama Departemen Pengabdian Masyarakat Himalogin !!! \(´`)/

Hari Minggu, 14 April 2013 telah dilaksanakan kegiatan ATSIRI (Semangat Desa Agroindustri) di Desa Cikarawang Kecamatan Dramaga – Bogor yang bekerjasama dengan tim PKM Edufest. Kegiatan ini dilaksanakan mulai pukul 8.00 hingga pukul 11.45 di Aula Desa yang dihadiri oleh 30 orang warga desa, kegiatan dimulai dengan meriah oleh Hanisa Pratiwi TIN 47 sebagai MC dan dibuka dengan tilawah dari Bastiyan Khoirul Anam. Setelah pembukaan acara, acara selanjutnya adalah sambutan – sambutan. Sambutan yang pertama dari Ketua Himalogin, M Achor Mardliyan, Perwakilan dari pos daya, Pak Nurali, dan Sekertaris Desa Setempat, Pak Aceng.

presentasi atsiri 1 peserta pembekalan

Kemudian dilanjutkan dengan pemberian materi mengenai edu-washing, edu-cooling, edu-packaging, dan edu-agropreneurship oleh R. Irkham Triaji. Acara ini dilanjutkan dengan sesi diskusi selama 15 menit dan pembagian kelompok untuk workshop pembuatan selai jambu kristal dan demo nastar. Warga desa dibagi menjadi tiga kelompok yang setiap kelompoknya terdiri dari 10 orang. Tepat pukul 10.15 wib, pelatihan pembuatan selai jambu kristal dimulai yang dilaksanakan di luar aula dan dilanjutkan dengan demo pembuatan nastar isi selai jambu kristal. Kenapa nastar? Karena pembuatan nastar merupakan alpikasi yang paling sederhana, selain itu nastar merupakan produk yang mudah dipasarkan di kalangan ibu – ibu rumah tangga.

nastar kristal

                                                                                                                                                                                                                                                                                  Kegiatan disambut baik oleh para peserta, hal ini dapat dilihat dari antusias dan keaktifan para peserta sepanjang rangkaian kegiatan. Pada awal kegiatan diadakan pre-test untuk mengetahui sejauh mana kemampuan masyarakat dalam penanganan terhadap jambu kristal, kemudian di akhir acara juga dilakukan post-test untuk membandingkan pengetahuan masyarakat sebelum dan sesudah dilakukan edukasi. Kegiatan berjalan dengan lancar sampai akhir acara, kegiatan desa agroindustri ini ditutup dengan diskusi  mengenai workshop dan pembagian konsumsi. (PM2013)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *