HIMALOGIN

Belajar Menasehati Diri Sendiri

Belajar Menasehati Diri Sendiri

Hore!
 
Hari Baru, Teman-teman.
 
 
Mungkin diantara Anda ada yang terbiasa berdiri di depan kelas. Atau, barangkali kelak, akan menjadi seorang pembicara juga. Salah satu aspek paling sulit untuk kita lakukan sebagai seorang pembicara adalah; mengarahkan nasihat-nasihat kita itu kepada diri kita sendiri. Lebih sulit lagi jika sebelum menjadi pembicara publik, kita jarang menasihati diri sendiri. Padahal, setelah menjadi pembicara publik, kita sering diposisikan sebagai seorang ‘guru’. Dan kepada guru, jarang ada yang berani menasihati.
 
 
 
Oleh karena itu sahabatku, jika engkau bercita-cita suatu saat kelak hendak menjadi pembicara publik; mulai sekarang perlu belajar menasihati diri sendiri. Agar bisa melakukan apa yang kita katakan kepada orang lain. Soalnya, jika tidak kita biasakan; maka kita hanya akan menjadi orang yang jago bicara, pandai menasihati orang lain, tapi perilaku kita sendiri jauh dari apa yang kita katakan. Saya? Merasakan betapa tidak mudahnya menasihati diri sendiri. Mungkin akan lebih mudah melakukannya jika jauh-jauh hari saya sudah membiasakan diri menasihati diri. Lebih baik lagi jika, melakukannya terlebih dahulu; barulah mengajak orang lain untuk mengikuti dan mempraktekannya bersama kita.
 
 
 
Dalam soal ini, Tuhan pun mengingatkan: “Sungguh besar kemarahan Tuhan kepada orang yang mengatakan sesuatu yang tidak dilakukannya.” Seperti difirmankanNya dalam surah 61 (As-Shof) ayat 2-3. Disatu sisi, kita diperintahkan untuk saling menasihati dalam kebaikan. Dan, disisi lain kita diingatkan Tuhan agar melakukan apa yang kita nasihatkan kepada orang lain. Mungkin, dengan cara itu kita bisa menjadi pribadi yang lebih baik, bersama orang lain. Jadi, kita punya peluang untuk membangun masyarakat atau komunitas yang lebih baik lagi secara kolektif. Bukankah itu yang tengah dibutuhkan bangsa kita ditengah kesemerawutan, keributan, perpecahan, serta nihilnya keteladanan dari para pemimpinnya? Hayu, kita mulai dengan langkah kecil kita deh. Belajar, menasihati diri sendiri. Belajar, menjadi pahlawan bagi diri sendiri.
 
 
 
Salam hormat,
 
Mari Berbagi Semangat!
 
DEKA  Dadang Kadarusman 10 November 2012
 
Leadership and Personnel Development Trainer
 
0812 19899 737 or Ms. Vivi at 0812 1040 3327
 
 
 
Catatan Kaki:
 
Mulut kita ini lebih dekat kepada telinga kita sendiri. Jadi, nasihat-nasihatnya mesti terlebih hadulu terdengar, terpahami, dan teresapi oleh diri dan sanubari kita sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *