HIMALOGIN

ASINAN KUJANG – PRODUK LOKAL INDONESIA BUATAN MAHASISWA INDONESIA

ASINAN KUJANG – PRODUK LOKAL INDONESIA BUATAN MAHASISWA INDONESIA

Asinan Kujang  merupakan Asinan yang mengalami transformasi menjadi produk oleh-oleh modern dengan rekayasa teknologi sehingga menjadi produk yang sehat, segar, alami, tanpa bahan pengawet, pewarna, maupun pemanis buatan. Produk ini diprakarsai oleh dua kakak kelas kita TIN 47 yaitu kak Mawardi dan kak Khairunnisa. Produk ini dibuat karena melihat potensi kota bogor sebagai salah satu tempat tujuan wisata masayarakat sekitar Jakarta. Asinan Bogor menjadi salah satu jajanan kuliner yang tidak dapat dilewatkan bila pergi ke kota Bogor. Banyak masyarakat dari berbagai kota mencari asinan bogor karena cita rasanya yang khas dan rasanya yang nikmat. Biasanya asinan bogor dinikmati ditempat berjualan atau dikemas pada wadah plastik transparan sehingga umur simpan produk hanya 1-2 hari.

Umur simpan produk yang hanya bertahan 1-2 hari membuat produk ini jarang dijadikan oleh-oleh bagi wisatawan yang berdomisili jauh dari kota Bogor. Padahal banyak masyarakat khususnya di Indonesia menyukai asinan tersebut. Selain itu, rasa rindu akan asinan bogor bagi para perantau yang tinggal di luar negeri juga besar tetapi produk asinan bogor jarang ada dinegara lain. Oleh hal tersebut, terbentuklah gagasan untuk menciptakan sebuah produk asinan bogor dalam kemasan menarik serta dapat meningkatkan umur simpan produk sehingga menjadi produk oleh-oleh alternatif khas kota Bogor. Produk ini juga meningkatkan kenyaman pembeli karena tidak mudah tumpah dan dapat dibawa kemanapun.

Seperti asinan pada umumnya, asinan kujang terdiri dari buah dan atau sayur dan direndam dalam kuah dengan dominansi rasa manis dan asam. Namun satu hal yang membedakan produk ini dengn asinan lain adalah kemasan yang digunakan adalah lebih praktis, tahan lama, terjamin mutu dan kebersihannya, serta mudah dibawa kemana-mana. Asinan Kujang ini telah dilakukan Proses customer development (pengembangan konsumen), yaitu suatu kegiatan yang penting dalam menemukan kebutuhan atau keinginan konsumen terhadap produk dan jasa yang akan dipasarkan. Sehingga didapatkan model bisnis yang tepat terhadap produk serta mendapatkan produk yang sesuai dengan keinginan atau kebutuhan konsumen

One thought on “ASINAN KUJANG – PRODUK LOKAL INDONESIA BUATAN MAHASISWA INDONESIA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *