Pada sabtu 12 Maret kemarin , Departemen Pengabdian Masyarakat telah melaksanakan Pelatihan Sahabat Pengabdian Masyarakat di RK Pinus 2.  Pelatihan ini merupakan kegiatan awal dari rangkaian turun desa yang akan dilakukan oleh Departemen Pengabdian Masyarakat. Sebelum Para perserta turun langsung menghadapi masyarakat maka dilakukan dulu pelatihan sehingga mereka siap terjun langsung membantu Masyarakat. Kegiatan pelatihan ini diisi oleh dua orang MC yaitu Puji Hermawan (TIN 50) dan Risma Rosmalina (TIN 50). Pelatihan ini diawali dengan bacaan ayat suci al-qur’an yang dibacakan oleh Bowo (TIN 50). Setelah itu dilanjutkan sambutan-sambutan, yang pertama sambutan dari ketua pelaksana yaitu M. Alfu Alfi S dan yang kedua adalah sambutan dari ketua Himalogin yaitu Amiraihan Hedrasetianto.

sambutan

Kegiatan dilanjutkan dengan pemutaran video tentang pengabdian masyarakat. Setelah pemutaran video selesai, MC mempersilahkan kepada Riyadi Cahyo Wijiono TIN 49 untuk menyampakan materi pertama mengenai bagaimana mahasiswa semangat aktif melakukan pengabdian dan dapat mempraktikan tata cara berkomunikasi yang baik dengan masyarakat. Penyampaian materi dari pemateri pertama dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang dimoderatori oleh Risma selaku MC kegiatan ini.

Acara dilanjutkan dengan musik hiburan yang dibawakan oleh Tio, Hikam, dan Alfu. Setelah itu acara berlanjut ke pemateri kedua yaitu M. Haris Fakhrullah yang menyampaikan materi tentang bagaimana mahasiswa dapat semangat aktif melakukan pengabdian dan mempunyai gambaran untuk dapat membagi ilmunya pada masyarakat sebagai ilmu yang bisa diaplikasikan dengan cara yang sederhana. Selanjutnya adalah sesi tanya jawab yang dimoderatori oleh Puji selaku MC kegiatan ini. Setelah semua pemateri selesai menyampaikan materinya, acara dilanjutkan dengan penyerahan sertifikat dan bingkisan untuk kedua pembicara. Untuk hiburan yang kedua ini berupa pemutaran film pendek kartun. Setelah itu ada launching produk Piss-kres yang merupakan produk kripik pisang yang berasal dari desa binaan PM Himalogin.

Kegiatan selanjutnya adalah challenge peserta, dimana dalam challenge tersebut peserta dibagi menjadi dua kelompok dan melakukan misi yang telah disediakan. Misi tersebut berhubungan dengan materi yang telah disampaikan, sehingga peserta dapat langsung mengaplikasikan materi yang didapat dari kedua pembicara tersebut. Setelah challenge selesai, MC mengumumkan pemenang dari challenge tersebut serta mengumumkan penanya dan peserta terbaik. Acara ditutup dengan pembacaan do’a oleh Bowo. Setelah itu acara ditutup dengan beberapa pengumuman yang disampaikan oleh Ade Hermawan (PM 2016).

PM2016