HIMALOGIN

Community and Service Development

csd

Departemen ini menjalankan peran pengabdian masyarakat melalui program Bina Desan dengan cakupan Satu Fakultas Satu Desa. Konsep bina desa yang digunakan adalah berbasis potensi daerah, yang akan diolah dengan ilmu dan teknologi agroindustri menjadi produk yang bernilai komersial. Program akan bekerja sama dengan beberapa lembaga (ICDF, LPPM, LK Fateta, dll) dan sifatnya berkelanjutan.

Tahukah anda bahwa segala sesuatu yang dipelajari dan dikerjakan selalu berujung pada pengabdian? Tahukah anda bahwa pengabdian adalah salah satu poin utama dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi? Tahukah anda bahwa keikhlasan adalah kunci utama dalam berusaha dan bekerja? Mulailah dari pengabdian, dan dengan inilah Depratemen Pengabdian Masyarakat diorganisasikan. Oleh karena itu, kami hadir. Berikut ini ranah kerja dan mandatoris kami.

MANDATORIS
“Melibatkan Himalogin dalam Penyelesaian Masalah Agroindustri di Masyarakat”

Menjalin sinergisitas antara masyarakat dengan mahasiswa agroindustri.
Membantu meningkatkan sumber daya masyarakat dalam pengembangan agroindustri.
VISI
“Membangun Kolaborasi Kontribusi HIMALOGIN 2014/2015 untuk Masyarakat Kampus dan Sekitarnya berdasarkan Asas Kekeluargaan serta berbasis agroindustri”

MISI
Perbaikan tata kelola organisasi menjadi lebih profesional dan dibangun atas solidaritas internal
Memunculkan semangat gerakan agroindustri yang berkarakter pengabdian dan kebersamaan
Membangun budaya apresiasi untuk semangat kebersamaan dan keterbukaan
Melaksanakan kegiatan pengabdian yang berbasis agroindustri
PROGRAM KERJA
1. SEMANGAT TURUN DESA
Semangat Desa Agroindustri adalah program kerja yang bertujuan untuk memberikan bimbingan dan inisiatif dalam membangun komoditi dan produk desa dengan titik fokus pada bekerjasama, saling belajar, dan menjalin hubungan dengan masyarakat desa. Produk dan komoditi yang akan dikembangkan pada tahun ini adalah teh daun ubi dan produk olahan bengkoang.

2. Himalogin ber-kolaborasi
Sebagai salah satu Himpunan profesi yang ada di Fateta, program kolaborasi merupakan suatu program yang dilakukan Himalogin dengan unit kampus lainnya yang bertujuan untuk menyelesaikan suatu permasalahan dalam lingkungan kampus maupun IPB serta meningkatkan jiwa kepedulian dengan lingkungan sekitar Fateta maupun kampus IPB. Program yang dilakukan yaitu Kajian sampah, Forum lingkungan, dan Forum Bina Desa IPB.
4. Peduli Sesama Himalogin
Sebagai mahasiswa, kita harus berbagi ilmu serta menjaga nilai-nilai social dengan memberi bantuan dalam bentuk ilmu maupun barang. Dengan program tersebut, diharapkan anggota dan pengurus Himalogin meningkatkan rasa kepedulian kepada masyarakat sekitar dan anak-anak.
Bantuan yang disalurkan dalam bentuk ilmu yatu seperti pengetahuan kepada anak-anak desa tentang lingkungan dengan system belajar sambal bermain yang diwadahi oleh salah satu PKM mahasiswa TIN yaitu COWBOY. Dengan demikian, diharapkan anak-anak desa lebih peduli terhadap sekitar dan mendapat pengetahuan baru. Sedangkan, dalam bentuk bantuan kita dapat memberi bantuan langsung seperti makanan dan hal lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *