1890376_10201523729080623_1601033946_o

 Technopreneur merupakan salah satu dari enam departemen di Himpunan Mahasiswa Teknologi Industri periode 2015-2016 yang berfokus pada pengembangan jiwa entrepeneurship berbasis teknologi di lingkungan mahasiswa/i Teknologi Industri Pertanian, Fakultas Teknologi Industri Pertanian, Institut Pertanian Bogor.

Departemen ini turut dalam mengenalkan jiwa entrepreneurship yang berbasis teknologi melalui program kerja yang dilakukan. Tentunya departemen Technopreneur dapat juga berperan sebagai wadah bagi mahasiswa Teknologi Industri Pertanian yang ingin mengaplikasikan ilmu-ilmu yang diperoleh selama perkuliahan.

MANDAT

Mengelola bisnis agroindustri Himalogin baik secara mandiri maupun bekerja sama dengan pihak terkait.

  1. menciptakan atau mengembangkan produk yang bisa dipasarkan.
  2. menjalin kerjasama dengan pihak terkait dalam pengelolaan bisnis agroindustri.

VISI

Menjadi departemen yang berintegritas  dalam menggerakkan sebuah bisnis skala kecil berbasis agroindustri dan mengembangkan jiwa  kewirausahaan pada mahasiswa/i Tin  untuk dapat berkreasi menjadi rintisan technopreneur.

MISI

  1. Melanjutkan pengembangan Nata de Melon Gepi melingkupi program kerja sama dengan salah satu pabrik nata  di kabupaten Bogor, pengujian umur simpan, pengujian hedonik masyarakat dan pengurusan PIRT dan BPOM.
  2. Meningkatkan jiwa kewirusahaan mahasiswa Teknologi Industri Pertanian dengan mengembangkan Smart Technopreneur Community .
  3. Memberikan kajian tentang Technopreneur secara berkala pada mahasiswa Teknologi Industri Pertanian IPB melalui media sosial.
  4. Menjalankan usaha mikro dalam ruang sekretariat Himalogin. Usaha yang dimaksud yakni makanan ringan (hasil usaha STC, produk komersial),  minuman dalam kulkas, jasa  percetakan.

PROGRAM KERJA

 

1. SMART TECHNOPRENEUR  COMMUNITY

STC merupakan wadah yang disediakan bagi mahasiswa Teknologi Industri Pertanian untuk saling berkomunikasi/ berdiskusi dan saling memberikan informasi peluang bisnis guna mengembangkan beberapa bisnis mikro hingga bisnis menengah diantaranya dari hasil praktikum mata kuliah Tin, minuman air kemasan Bening milik departemen Tin, bisnis lainnya yang baru dirintis atau pengembangan produk dari mitra desa departemen Pengabdian Masyarakat (PM) sebagai bentuk kerja sama dengan program kerja Atsiri dari departemen PM. Kemudian, komunitas ini akan berujung pada kunjungan ke industri kecil atau UMKM yang berada di daerah Bogor dan sekitarnya.

2. HI-MART

Hi-Mart adalah sebuah bisnis kecil dalam ruang sekretariat Himalogin. Usaha yang dimaksud yakni makanan ringan (hasil usaha STC dan produk komersial),  minuman dalam kulkas dan jasa  percetakan. Hi-Mart akan berlangsung efektif dari bulan januari hingga akhir kepengurusan.

 3.HI-CORP

Hi-Corp adalah sebuah usaha dari departemen Technopreneur yang masih dalam tahap pengembangan produk. Untuk periode ini, hal yang akan dilakukan adalah melanjutkan pengembangan Nata de Melon Gepi melingkupi program kerja sama dengan salah satu pabrik nata  di kabupaten Bogor, pengujian umur simpan, pengujian hedonik masyarakat dan pengurusan PIRT dan BPOM.

 4. Technopreneur on line

Program kerja ini ditujukan untuk menambah pengetahuan tentang technopreneur mahasiswa/i Tin IPB secara berkala yakni setiap bulan sekali. Informasi yang akan dibagikan dalam bentuk teks dan gambar atau poster secara menarik dan akan dibagikan melalui media sosial yang ada yakni facebook angkatan dan twitter Himalogin.